Kemampuan-Kemampuan Luar Biasa Seekor Anjing

Menurut ikatan dokter hewan di Amerika, pada tahun 2012 lebih dari 43 juta rumah tangga memiliki anjing, dengan total sekitar 70 juta anjing. Dan meskipun anjing telah lama menjadi teman manusia, namun banyak hal yang belum sepenuhnya kita tahu dari hewan ini. Inilah kemampuan-kemampuan luar biasa dari seekor anjing. 

Anjing Bisa Mendeteksi Kanker


Anjing dikenal memiliki penciuman luar biasa. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa anjing bahkan dapat menggunakan indra penciuman tajam mereka untuk mendeteksi kanker pada orang-orang. Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan awal tahun 2014 pada acara American Urological Association di Orlando, dua anjing shepherd Jerman terlatih mampu mengendus sampel urin dan berhasil mendeteksi kanker prostat dengan akurasi 98%. Penelitian lain dalam dekade terakhir telah melatih anjing untuk mendeteksi jenis kanker lainnya, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Penggunaan anjing sebagai pendeteksi kanker ini mungkin akan menjadi terobosan besar dalam dunia medis.


Anjing Bisa mendeteksi Gempa


Hewan-hewan terutama anjing akan langsung menunjukkan perilaku aneh segera sebelum gempa bumi terjadi. Sebuah teori mengatakan bahwa anjing mampu merasakan radio frekuensi rendah atau gelombang listrik yang dihasilkan oleh gempa bumi, yang tak terlihat manusia. Hal itu tentu tidak mutlak diterima. Ide yang diajukan oleh United States Geological Survey adalah bahwa anjing hanya mampu mendeteksi gempa 60-90 detik sebelum kejadian. Itu jelas bukan waktu yang cukup untuk membantu memperingatkan orang-orang untuk segera berlindung.


Anjing hewan yang sangat cerdas


Manusia telah lama mengagumi kecerdasan anjing, tapi kami terus menemukan bahwa mereka bahkan lebih pintar dari yang kita sadari. Anjing ternyata dapat membaca nada dan ekspresi wajah dari pemiliknya yang jauh lebih baik daripada manusia itu sendiri. Sekitar sepertiga dari otak anjing dikaitkan dengan indera penciumannya, dan dapat memungut hal-hal tentang dunia di sekitarnya tak terlihat kepada pemiliknya. Anjing juga mungkin dapat "mencium waktu", seperti contoh mereka akan tau kapan pemilinya akan keluar dan kembali ke rumah.


Anjing menjadi bagian penting dalam perkembangan umat manusia


Sejak zaman purba anjing telah mendampingi manusia dalam melakukan berbagai aktifitas. Penelitian yang diterbitkan dalam edisi Mei 2014 Kuarter International berteori bahwa anjing bersama-sama manusia adalah penyebab kepunahan hewan-hewan purba lain seperti mammoth. Selain berburu, kerjasama manusia dan anjing terjalin dengan banyak cara lain. Anjing menjabat sebagai penjaga, menarik kereta luncur, dan sumber dari bulu, bahkan  mnjadi sumber makanan di masa paceklik. Satu juga dapat menyatakan bahwa anjing telah memperoleh manfaat serta melalui ribuan tahun.


Anjing Bisa Dimanfaatkan Untuk Berbagai Bidang


Tampaknya peran semakin lebih sulit sedang ditemukan untuk anjing. Anjing telah dilatih untuk mengendus segala sesuatu mulai dari obat-obatan hingga bahan peledak. Baru-baru ini, anjing telah dilatih untuk mengendus ponsel ilegal di penjara dan berbagai benda di bandara. Anjing telah digunakan dalam peperangan dari zaman kuno untuk menjaga, memberikan pesan dan menyerang. Beberapa penggunaan yang lebih tidak biasa untuk anjing kini termasuk truffle berburu, penyelamatan air, dan digunakan sebagai hewan peliharaan terapi di banyak rumah sakit. Anjing mayat khusus dilatih dapat menemukan sisa-sisa manusia dalam keadaan paling ekstrim, bahkan di dasar danau. Apapun penggunaannya, anjing akan terus menjadi pendamping dalam kehidupan manusia.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Anda Tau ? dengan judul Kemampuan-Kemampuan Luar Biasa Seekor Anjing. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://adafakta.blogspot.com/2014/07/kemampuan-luar-biasa-anjing.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 29 Juli 2014

Belum ada komentar untuk "Kemampuan-Kemampuan Luar Biasa Seekor Anjing"

Posting Komentar

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *