Sejarah Sikat Gigi dan Perkembangannya

Sejarah sikat gigi dalam kehidupan manusia telah melewati masa yang sangat panjang. Sekitar tahun 3500 SM suku bangsa Sumeria di Babilonia memakai duri landak, tulang binatang hingga ranting kayu untuk membersihkan gigi mereka. Sementara bangsa Arab terbiasa membersihkan gigi dengan cara mengunyah ujung batang kayu. Dan mereka biasa menggunakan batang pohon Salvadora persica atau lebih populer dengan dengan nama siwak.


Sementara penggunaan bulu untuk sikat gigi diperkirakan dimulai di China sekitar tahun 1600 oleh para kaisar yang terbiasa menggunakan bulu babi dan tulang sebagai pegangannya. Orang-orang Cina ini menggunakan bulu dari leher babi sebagai pengganti sikatnya dan terkadang juga menggunakan bambu sebagai gagangnya. Sementara orang-orang Eropa dan Yunani konon menggunakan kain sutra dan spons untuk membersihkan gigi.

Sikat gigi dengan bentuk sebagaimana kita gunakan sekarang ini pertama kali dirancang oleh William Addis dari Inggris. Pada tahun 1770 Addis dijebloskan ke dalam penjara karena suatu kasus kerusuhan. Dan di dalam penjara itulah ketika dia sedang membersihkan gigi dengan menggunakan kain, dia terpikir bahwa kain ternyata tidak dapat menjangkau bagian-bagian yang sempit. Ketika itulah dia berpikir untuk menciptakan sikat gigi menggunakan bulu binatang.


Selepas dari penjara Addis kemudian mendirikan perusahaan sikat gigi yang diberi nama Addis Toothbrush Company pada tahun 1780. Ide Addis itu ternyata kemudian menyebar ke berbagai negara di Eropa yang kemudian menirunya. Tahun 1840 sikat gigi telah diproduksi secara massal di Inggris, Perancis, Jerman, dan Jepang.

Hak paten untuk pembuatan sikat gigi di Amerika Serikat diperoleh oleh H. N. Wadsworth pada tahun 1857 namun demikian produksi secara massa baru dimulai pada tahun 1885. Ketika itu di Amerika kebiasaan membersihkan gigi setiap hari belum menjadi suatu yang rutin, hingga setelah Perang Dunia II, yang dimulai dari para prajurit yang setiap hari rajin menggosok giginya.

Pada tahun 1938 sikat gigi berbahan nylon sudah mulai diperkenalkan, dan penggunaan bulu hewan pun berangsur-angsur  ditinggalkan karena dianggap tidak efektif. Di tahun-tahun berikutnya, bentuk dan inovasi sikat gigi terus berkembang hingga seperti yang dapat kita lihat sekarang ini.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Anda Tau ? / Sejarah dengan judul Sejarah Sikat Gigi dan Perkembangannya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adafakta.blogspot.com/2014/07/sejarah-sikat-gigi-dan-perkembangannya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Putra Purnama - Rabu, 30 Juli 2014

Belum ada komentar untuk "Sejarah Sikat Gigi dan Perkembangannya"

Posting Komentar

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *