7 Hewan yang Sudah Hidup Sejak Zaman Purba

Beberapa jenis hewan yang hidup saat ini diketahui telah ada sejak zaman purba. Walaupun jumlahnya tidak banyak, namun setidaknya ada beberapa hewan yang berhasil mempertahankan keturunannya sampai saat ini. Sebut saja diantaranya capung, ubur-ubur, paus, kecoa, komodo. Dan selain hewan-hewan yang baru disebutkan tersebut, ada beberapa jenis lagi yang ternyata berasal dari zaman purba.

Berikut 7 hewan yang sudah hidup sejak zaman purba 

1.Buaya


Telah banyak peneliti yang meyakini dan membuktikan bahwa buaya termasuk hewan purba. Walaupun tidak persis sama dengan nenek moyangnya, namun pada dasarnya, secara keseluruhan, bentuk dan sifatnya sebagai pemangsa masih mirip dan tidak berkurang sejak 200 juta tahun lalu.

2. Burung Pelican


Burung yang suka makan ini mungkin tak terlihat seperti hewan yang hidup di zaman pra-sejarah. Namun menurut penelitian, pelican sudah ada sekitar 30 juta tahun dengan bukti fosil nenek moyang burung ini, dengan bentuk yang mirip dengan pelican modern.

3. Semut Martialis Heureka


Salah satu spesies semut yang berasal dari hutan hujan Amazon di Brazil diyakini sudah ada sekitar 120 juta tahun lalu dan telah mengalami evolusi sampai menjadi seperti sekarang ini. Habitatnya diperkirakan berada di bawah tanah.

4. Laba-Laba Ummidia audouini


laba-laba yang juga dikenal sebagai “pemasang perangkap” ini diperkirakan sudah ada sekitar 400 juta tahun lalu. Menurut penelitian, laba-laba ini memiliki garis keturunan dengan kalajengking karena di bagian punggungnya terdapat lapisan khusus mirip dengan kalajengking.

5.Hiu Goblin


Hiu Goblin adalah salah satu dari spesies hiu yang sangat langka dan diperkirakan berasal dari 125 juta tahun lalu. Dinamakan hiu Goblin karena bentuknya sangat jelek dan sangat berbahaya. Hiu ini mendiami lautan dalam yang hampir tidak tersentuh cahaya.

6.Belangkas


Belangkas termasuk salah satu hewan yang berumur panjang. Mereka diperkirakan sudah ada di bumi ini sekitar 450 juta tahun lalu. Walaupun mengalami evolusi, namun bentuknya tidak banyak berubah dibuktikan dengan fosil para pendahulunya yang pernah ditemukan.

7.Coelacanth


Sempat dianggap punah, Jenis ikan dengan bentuk sedikit mengerikan ini kembali ditemukan di lepas pantai Afrika Selatan pada tahun 1938. Diperkirakan ikan ini sudah ada sekitar 400 juta tahun lalu. Sayangnya, saat ini Coelacanth sudah jarang sekali ditemukan dan ikan ini masuk dalam daftar hewan yang terancam punah.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Anda Tau ? dengan judul 7 Hewan yang Sudah Hidup Sejak Zaman Purba. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adafakta.blogspot.com/2014/08/hewan-hidup-sejak-zaman-purba.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 27 Agustus 2014

Belum ada komentar untuk "7 Hewan yang Sudah Hidup Sejak Zaman Purba"

Posting Komentar

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *