7 Mitos dan Fakta Tentang Ketombe

Ketombe merupakan permasalahan kulit kepala dengan ditandai adanya pengelupasan kulit mati secara berlebihan. Munculnya ketombe dapat disebabkan oleh bebrapa hal diantaranya seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur ataupun kutu rambut.


Diantara berbagai macam pendapat tentang ketombe, berikut 7 mitos dan fakta tentang ketombe beserta penjelasannya. 

1. Sering menyampo dapat menghilangkan ketombe

MITOS! sering mencuci rambut hanya dapat mengontrol ketombe karena adanya pijatan pada kepala. Pijatan itu akan mengganggu habitat alami ketombe dan mengendalikannya. Tapi ini tidak berarti Anda bisa mencuci rambut setiap hari. Cucilah rambut sekali setiap tiga hari untuk mengendalikan produksi ketombe berlebihan.

2. Ketombe bisa menular

FAKTA! ketombe adalah infeksi jamur superfisial dan akan menyebar dengan berbagi sisir. Namun, ketombe tidak dapat menyebar kok jika Anda hanya duduk di sebelah orang yang menderita ketombe.

3. Ketombe hanya hadir pada orang dengan kulit kering

MITOS! Meskipun ketombe lebih identik diderita orang berkulit kepala kering, kondisi ini bisa juga terjadi pada mereka dengan kulit kepala berminyak. Ketombe adalah infeksi jamur superfisial Malassezia yang dapat hadir pada kulit kepala berminyak dan kering.

4. Hanya orang dewasa yang berketombe

MITOS! Remaja juga bisa mengalaminya. Kelenjar keringat remaja mereka belum sepenuhnya berkembang secara alami untuk menghambat segala macam infeksi jamur di kulit kepala.

5. Produk rambut selalu baik untuk mengatasi ketombe

MITOS! Produk rambut, pada kenyataannya, tidak baik untuk ketombe, penyakit rambut, atau infeksi. Sampo antiketombe dapat membantu, tapi produk lain dapat memperparah masalah ini. Hindari pula gel atau foam karena mereka hanya memperburuk ketombe.

6. Suhu dingin merupakan salah satu pemicu ketombe

FAKTA! Karena orang cenderung mengurangi rutinitas mencuci rambut karena cuaca dingin, infeksi kulit kepala pun meningkat.

7. Ketombe disebabkan kebersihan yang buruk

FAKTA! Ketika rambut tidak dicuci selama beberapa hari, kepala menjadi tempat berkembang biak untuk ketombe. Anda dapat mencoba produk salon dan perawatan, yang dapat membantu menghilangkan ketombe.

ref:
-wikipedia
-google image
-jelajah unik

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Anda Tau ? / Kesehatan dengan judul 7 Mitos dan Fakta Tentang Ketombe. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adafakta.blogspot.com/2014/09/7-mitos-dan-fakta-tentang-ketombe.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Putra Purnama - Senin, 08 September 2014

Belum ada komentar untuk "7 Mitos dan Fakta Tentang Ketombe"

Posting Komentar

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *